Visi dan Misi

VISI "Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Vokasi dan Profesi sebagai Rujukan Nasional Berkualitas Global" MISI 1. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi Kesehatan vokasi dan profesi kesehatan yang berkualitas global. 2. Menghasilkan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global. 3. Mengembangkan tata kelola perguruan tinggi vokasi dan profesi kesehatan yang mandiri, transparan dan akuntabel. 4. Berperan aktif dalam kerjasama pengembangan dan peningkatan sistem pendidikan tinggi kesehatan di tingkat global.

BERITA TERBARU




AKREDITASI PERPUSTAKAAN

SERTIFIKAT WBK POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK



PERSIAPAN ISO MANAJEMENPOLTEKKES KEMENKES PONTIANAK


RAPAT DEWAN PENGAWAS POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK




 KUNJUNGAN MENTERI KESEHATAN 

KE POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK


Pontianak, Selasa 28 September 2021

     Kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikin yang didampingi Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji serta Direktur Poltekkes Kemneks Pontianak Didik Hariyadi dalam rangka meninjau pelaksanaan Test Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), vaksinasi massal Covid-19 dan serta pameran  produk hasil penelitian oleh Dosen di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan.




Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dengan formasi Kementerian Kesehatan RI titik lokasi Poltekkes Pontianak dimulai hari  Selasa (28/9). Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyemangati para peserta CASN sebelum mengerjakan soal SKD.

Pemaparan produk unggulan hasil penelitian dosen Poltekkes Kemenkes Pontianak





Menkes menyampaikan bahwa Rencananya sebanyak 400 ribu dosis vaksin akan tiba di Kalimantan Barat dalam 2 hari mendatang. Poltekkes juga telah melaksanakan vaksinasi massal dengan target 700 sampai 1.000 orang divaksinasi. Sunarsieh melanjutkan, vaksinasi massal tersebut dilakukan dengan bekerja sama bersama pemerintah setempat seperti kelurahan. “Targetnya 250 sampai 400 orang disuntik per kegiatan vaksinasi. Berdasarkan pencatatan di Pcare Poltekkes telah tercatat 6 ribuan masyarakat sudah di vaksinasi. Ditambah vaksinasi dengan KKP sehingga total masyarakat yang sudah divaksinasi sekitar 10 ribuan dari bulan Maret 2021,” kata Sunarsieh (sehatnegeriku.kemkes.go.id)


KEGITAN WORKSHOP PEMANTAPAN SPMI POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK

SINGKAWANG 31 AGUSTUS -2 SEPTMBER 2021




    Pusat Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Pontianak menyelenggarakan Kegiatan Workshop Pemantapan SPMI I dan SPME (Pengenalan Instrumen Akreditasi 9 Kriteria) Poltekkes Kemenkes Pontianak dengan Narasumber  Ir.Desiana Vidayanti, MT (Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana) acara bertempat di Aula Kampus Keperwatan Singkawang. Kegiatan workshop ini secara resmi di buka langsung oleh Direktur poltekkes palembang Bapak Didik Hariyadi, S.Gz. M.Si dan dihadiri oleh semua jajaran pejabat pengelola di lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak baik tingkat direktorat maupun program studi yang ada di lingkungan poltekkes kemenkes  Pontianak. dengan total peserta berjumlah 50 orang.

    Tujuan dari diadakan workshop ini adalah tersusunnya 24 standar SPMI yang telah dikembangkan dari standar SPMI sebelumnya begitupun dengan standar turunan akademik, kemahasiswaan, kepegawaian dan Tata pamong. Standar SPMI yang telah disusun Ini nantinya akan dgunakan utk memenuhi kebutuhan dokumentasi akreditasi 9 Kriteria yang meliputi kriteria visi misi tujuan dan strategi, Tata pamong, Tata kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan sarana dan prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabmas, Luaran dan capaian; Pendidikan, penelitian, pengabmas.











Harapan terselenggaranya kegiatan ini  dari Pusat Penjaminan mutu yaitu tersusunya standar SPMI (Penididikan,Penleitian, Pengabmas) dan Standar yang melamapaui SNPT yang bisa dijaidkn tolak ukur untuk menjamin mutu Poltekkes Kemenkes Pontianak, dan semoga masing-masing peserta yang telah diutus mewakili prodi dapat mendesiminasikan materi workshop selama 3 hari Ini ke unit kerja/ jurusan/prodi masing-masing sehingga tercapai apersepsi (kesamaan persepsi) bahwa dalam menjamin mutu suatu intitusi dengan melalui penguatan SPMI merupakan tanggung jawab dari seluruh civitas akademik Poltekkes Kemenkes Pontianak

KEGIATAN OPTIMALISASI OGES 

(ONE GATE EDU SYSTEM)

Pontianak, 20 s/d 22 September 2021







KEGIATAN PELATIHAN 

COSTUMERS SERVICE 
 PADA TENAGA KEPENDIDIKAN 
DI POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK
TAHUN 2020






 

 

 

TERM OF REFERENCE (TOR)

PELATIHAN COSTUMERS SERVICE CARE

POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK

 

 

1.    LATAR BELAKANG

Era keterbukaan informasi dewasa ini membuat publik semakin kritis terhadap pelayanan publik yang mereka terima, termasuk dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, terutama setelah terbitnya UU Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 yang menjamin hak-hak publik sebagai pelanggan/penerima jasa pelayanan. Banyak hal yang dituntut oleh pelanggan terhadap pelayanan rumah sakit yang diberikan, seperti professional, komunikatif, tidak diskriminatif, serta dapat memberikan informasi yang jelas dan transparan. Karena rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan melakukan kontaknya dengan pelanggan melalui kerja sama t im pelayanan terpadu antara manajemen, medis, keperawatan, penunjang medis, dan penunjang umum. Keadaan ini tentu saja harus didukung oleh SDM yang profesional. SDM yang dimaksud profesional tidak hanya harus mampu memberikan pelayanan sesuai standar saja, tetapi mampu menghargai hak pelanggan dan pendekatan dialogis, serta bersedia membina hubungan yang baik dengan pelanggannya secara santun (deep connections).

Hubungan baik dengan pelanggan (Deep connection) dimulai dari kesan pertama yang diterima pelanggan dari lingkungan kerja khususnya di Poltekkes Kemenkes Pontianak yang akan mempengaruhi penilaian pelanggan selanjutnya terhadap keseluruhan pelayanan yang diterima. Kesan pertama yang baik ini menjadi tugas bagi para pegawai di lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak karena mereka akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Untuk itu staff dilingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak harus memiliki bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik agar mampu berhadapan langsung dengan pelanggan secara professional dan mampu memberikan pelayanan prima yang memuaskan pelanggan yang berdampak secara tidak langsung dalam meningkatkan pendapatan.

Masyarakat semakin kritis dan mampu menilai suatu pelayanan, sehingga bimbingan dan pelatihan tentang customers service care merupakan hal yang penting bagi rumah sakit dewasa ini melihat dari makin terbukanya dunia persaingan khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam rangka membantu meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan khususnya kompetensi para staff dilingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak akan kebutuhan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam berinteraksi langsung dengan pelanggan perlu terus dilatih dan dikembangkan agar dapat memberikan pelayanan prima. Dengan latar belakang tersebut di atas, Poltekkes Kemenkes Pontianak mengadakan “Pelatihan Customers Service Care” bersamaYodhia Antariksa, Msc yang merupakan pakar dalam manajemen dan konsultan. 

 

 

1.    T U J U A N

a.      Tujuan Umum

Meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan professional pegawai di  ingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak dalam memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan.

b.     Tujuan Khusus

Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan sasaran mampu :

1.    Mengerti dan memahami konsep customers service excellence yang berguna bagi proses pelayanan terhadap pelanggan dengan tepat;

2.    Mampu dalam menghargai kebutuhan dan keinginan pelanggan, yang berada dalam koridor pelayanan rumah sakit secara normative;

3.    Mampu dalam memberikan salam sebelum memberikan pelayanan terhadap customer, dan saling menghormati antar pegawai dilingkungan rumah sakit.

 

3. S A S A R A N

Terselenggaranya pelatihan yang interaktif antara tenaga ahli atau narasumber dengan para peserta dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan mindset dalam pelayanan dimasa yang akan datang.

 

4.    P E S E R T A P E L A T I H A N

Peserta dapat terdiri sebagai berikut :

·      Dosen

·      PLP

·      Staff Adminsitrasi

·      Resepsionis

·      Perpustakaan

·      Satpam

·      Pramubakti.

 


5.    M E T O D E

·      Ceramah;

·      Dialog interaktif;

·      Games;

·      Simulasi.

 

6.    W A K T U & T E M P A T P E L A K S A N A A N

Hari/Tanggal                   =   Kamis / 6Agustus 2020

Tempat                            =   Ruang Rapat Direktorat Lt.II  Poltekkes Kemenkes Pontianak

Watu                                =    a. Sesi I (08.00-12.00)

                                                  (Staf Administrasi, Perpustakaan, Pramubakti, Resepsionis, Satpam)

  b.     Sesi II (13.00-15.30)

 

Agenda                             =   Rundown Terlampir.


J A D W A L   P E L A T I H A N

C U S T O M E R S S E R V I C E C A R E

POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK

 

Sesi  Pertama :

Waktu

Materi / Kagiatan

Fasilitator

Peserta

07.30-09.30

Registration &

 

09.30-10.00

Opening session

Moderator

1.    Wakil Direktur

2.    Para Ka.Sub.Bag

3.    Para Ka. Pusat

4.    Para. Ka.Jurusan

5.    Para Ka.Prodi

6.    Para Ka. Unit

7.    Dosen

8.    PLP/Instruktur

10.00-10.30

Sesi 1

Pemahaman tentang  Poltekkes Kemenkes Pontianak

Direktur

10.30- 11.00

Sesi 2

Manajemen Poltekkes Kemenkes Pontianak

Wadir I

11.00-11.30

Sesi 3

Dimensi-dimensi Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

 

11.30-12.00

Sesi 4

Sikap dan Tata Perilaku Kunci untuk Membangun Customer Service Excellence

 

12.00-12.30

Penutupan

 

 

Sesi Kedua :

 

Waktu

Materi / Kagiatan

Fasilitator

Peserta

13.00-13.30

Registration &

 

13.30-14.00

Opening session

Moderator

TENAGA KEPENDIDIKAN

14.00-14.30

Sesi 1

Pemahaman tentang  Poltekkes Kemenkes Pontianak

Direktur

14.30- 15.00

Sesi 2

Manajemen Poltekkes Kemenkes Pontianak

Wadir I

15.00-15.30

Sesi 3

Dimensi-dimensi Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

 

15.30-16.00

Sesi 4

Sikap dan Tata Perilaku Kunci untuk Membangun Customer Service Excellence

 

16.00 -..

Penutupan

 

 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar