AKREDITASI PERPUSTAKAAN
SERTIFIKAT WBK POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK
PERSIAPAN ISO MANAJEMENPOLTEKKES KEMENKES PONTIANAK
KUNJUNGAN MENTERI KESEHATAN
KE POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK
Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dengan formasi Kementerian Kesehatan RI titik lokasi Poltekkes Pontianak dimulai hari Selasa (28/9). Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyemangati para peserta CASN sebelum mengerjakan soal SKD.
Pemaparan produk unggulan hasil penelitian dosen Poltekkes Kemenkes Pontianak
Menkes menyampaikan bahwa Rencananya sebanyak 400 ribu dosis vaksin akan tiba di Kalimantan Barat dalam 2 hari mendatang. Poltekkes juga telah melaksanakan vaksinasi massal dengan target 700 sampai 1.000 orang divaksinasi. Sunarsieh melanjutkan, vaksinasi massal tersebut dilakukan dengan bekerja sama bersama pemerintah setempat seperti kelurahan. “Targetnya 250 sampai 400 orang disuntik per kegiatan vaksinasi. Berdasarkan pencatatan di Pcare Poltekkes telah tercatat 6 ribuan masyarakat sudah di vaksinasi. Ditambah vaksinasi dengan KKP sehingga total masyarakat yang sudah divaksinasi sekitar 10 ribuan dari bulan Maret 2021,” kata Sunarsieh (sehatnegeriku.kemkes.go.id)
KEGITAN WORKSHOP PEMANTAPAN SPMI POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK
Pusat Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Pontianak menyelenggarakan Kegiatan Workshop Pemantapan SPMI I dan SPME (Pengenalan Instrumen Akreditasi 9 Kriteria) Poltekkes Kemenkes Pontianak dengan Narasumber Ir.Desiana Vidayanti, MT (Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana) acara bertempat di Aula Kampus Keperwatan Singkawang. Kegiatan workshop ini secara resmi di buka langsung oleh Direktur poltekkes palembang Bapak Didik Hariyadi, S.Gz. M.Si dan dihadiri oleh semua jajaran pejabat pengelola di lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak baik tingkat direktorat maupun program studi yang ada di lingkungan poltekkes kemenkes Pontianak. dengan total peserta berjumlah 50 orang.
Tujuan dari diadakan workshop ini adalah tersusunnya 24 standar SPMI yang telah dikembangkan dari standar SPMI sebelumnya begitupun dengan standar turunan akademik, kemahasiswaan, kepegawaian dan Tata pamong. Standar SPMI yang telah disusun Ini nantinya akan dgunakan utk memenuhi kebutuhan dokumentasi akreditasi 9 Kriteria yang meliputi kriteria visi misi tujuan dan strategi, Tata pamong, Tata kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan sarana dan prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabmas, Luaran dan capaian; Pendidikan, penelitian, pengabmas.
KEGIATAN OPTIMALISASI OGES
KEGIATAN PELATIHAN
COSTUMERS SERVICE
PADA TENAGA KEPENDIDIKAN
DI POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK
TAHUN 2020

TERM OF REFERENCE (TOR)
PELATIHAN COSTUMERS SERVICE CARE
POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK
1. LATAR
BELAKANG
Era keterbukaan informasi dewasa ini membuat publik
semakin kritis terhadap pelayanan publik yang mereka terima,
termasuk dalam pelayanan
kesehatan di rumah sakit, terutama
setelah terbitnya UU Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 yang menjamin
hak-hak publik sebagai pelanggan/penerima jasa pelayanan. Banyak hal yang dituntut oleh pelanggan terhadap pelayanan rumah sakit yang diberikan, seperti professional,
komunikatif, tidak diskriminatif,
serta dapat memberikan informasi yang jelas
dan transparan. Karena rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan melakukan kontaknya dengan pelanggan melalui kerja sama
t im pelayanan terpadu
antara manajemen, medis,
keperawatan, penunjang
medis, dan penunjang umum. Keadaan ini tentu
saja harus didukung
oleh SDM yang profesional. SDM yang dimaksud profesional tidak hanya harus mampu memberikan pelayanan sesuai standar
saja, tetapi mampu menghargai hak pelanggan dan pendekatan dialogis, serta bersedia membina
hubungan yang baik dengan pelanggannya secara santun
(deep connections).
Hubungan baik dengan pelanggan (Deep
connection) dimulai dari kesan pertama yang
diterima pelanggan dari lingkungan kerja
khususnya di Poltekkes Kemenkes Pontianak yang akan mempengaruhi penilaian
pelanggan selanjutnya terhadap keseluruhan pelayanan yang diterima. Kesan
pertama yang baik
ini menjadi tugas
bagi para pegawai di lingkungan
Poltekkes Kemenkes Pontianak karena mereka akan berhadapan langsung
dengan pelanggan. Untuk
itu staff dilingkungan
Poltekkes Kemenkes Pontianak harus memiliki bekal pengetahuan, sikap
dan keterampilan yang baik agar mampu berhadapan
langsung dengan pelanggan secara professional dan mampu memberikan pelayanan prima
yang memuaskan pelanggan yang berdampak secara
tidak langsung dalam meningkatkan pendapatan.
Masyarakat semakin kritis dan mampu
menilai suatu pelayanan, sehingga bimbingan dan pelatihan tentang
customers service
care merupakan hal yang penting
bagi rumah sakit dewasa ini melihat dari makin terbukanya dunia persaingan khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam rangka membantu meningkatkan mutu dan
pelayanan kesehatan khususnya kompetensi para staff
dilingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak akan
kebutuhan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam berinteraksi
langsung dengan pelanggan perlu terus dilatih dan dikembangkan agar dapat memberikan pelayanan prima. Dengan latar belakang
tersebut di atas, Poltekkes Kemenkes Pontianak
mengadakan “Pelatihan Customers Service Care” bersamaYodhia Antariksa, Msc yang merupakan pakar dalam manajemen dan konsultan.
1. T U J U A N
a.
Tujuan Umum
Meningkatkan pengetahuan, sikap
dan keterampilan professional pegawai di ingkungan
Poltekkes Kemenkes Pontianak dalam memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan.
b.
Tujuan Khusus
Setelah
mengikuti pelatihan, diharapkan sasaran mampu :
1.
Mengerti dan memahami konsep customers service
excellence yang berguna
bagi proses pelayanan terhadap
pelanggan dengan tepat;
2.
Mampu dalam
menghargai kebutuhan dan keinginan pelanggan, yang berada dalam koridor pelayanan rumah sakit
secara normative;
3.
Mampu
dalam memberikan salam sebelum memberikan pelayanan terhadap customer, dan saling
menghormati antar pegawai dilingkungan rumah sakit.
3. S A S A R A N
Terselenggaranya pelatihan yang interaktif antara
tenaga ahli atau narasumber dengan
para peserta dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan mindset
dalam pelayanan dimasa
yang akan datang.
4.
P E S E R T A P E L A T I H A N
Peserta
dapat terdiri sebagai berikut :
·
Dosen
·
PLP
·
Staff
Adminsitrasi
·
Resepsionis
·
Perpustakaan
·
Satpam
·
Pramubakti.
5. M E T O D E
·
Ceramah;
·
Dialog
interaktif;
·
Games;
·
Simulasi.
6. W A K T U & T E M P A T P E L A K S A
N A A N
Hari/Tanggal = Kamis / 6Agustus 2020
Tempat = Ruang Rapat Direktorat Lt.II Poltekkes Kemenkes Pontianak
Watu = a. Sesi I (08.00-12.00)
(Staf
Administrasi, Perpustakaan, Pramubakti, Resepsionis, Satpam)
b.
Sesi II (13.00-15.30)
Agenda = Rundown Terlampir.
J A D W A
L P E L A T I H A N
C U S T O M E R S S E R V I C E C A R E
POLTEKKES
KEMENKES PONTIANAK
Sesi Pertama :
Waktu |
Materi /
Kagiatan |
Fasilitator |
Peserta |
07.30-09.30 |
Registration
& |
|
|
09.30-10.00 |
Opening
session |
Moderator |
1. Wakil
Direktur 2. Para
Ka.Sub.Bag 3. Para
Ka. Pusat 4. Para.
Ka.Jurusan 5. Para Ka.Prodi 6. Para
Ka. Unit 7. Dosen 8. PLP/Instruktur |
10.00-10.30 |
Sesi 1 Pemahaman
tentang Poltekkes Kemenkes Pontianak |
Direktur |
|
10.30- 11.00 |
Sesi 2 Manajemen
Poltekkes Kemenkes Pontianak |
Wadir I |
|
11.00-11.30 |
Sesi 3 Dimensi-dimensi Pelayanan yang
Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan |
|
|
11.30-12.00 |
Sesi 4 Sikap dan Tata Perilaku Kunci
untuk Membangun Customer Service Excellence |
|
|
12.00-12.30 |
Penutupan |
|
Sesi Kedua :
Waktu |
Materi /
Kagiatan |
Fasilitator |
Peserta |
13.00-13.30 |
Registration
& |
|
|
13.30-14.00 |
Opening session |
Moderator |
TENAGA
KEPENDIDIKAN |
14.00-14.30 |
Sesi 1 Pemahaman
tentang Poltekkes Kemenkes Pontianak |
Direktur |
|
14.30- 15.00 |
Sesi 2 Manajemen
Poltekkes Kemenkes Pontianak |
Wadir I |
|
15.00-15.30 |
Sesi 3 Dimensi-dimensi Pelayanan yang
Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan |
|
|
15.30-16.00 |
Sesi 4 Sikap dan Tata Perilaku Kunci
untuk Membangun Customer Service Excellence |
|
|
16.00 -.. |
Penutupan |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar